Selasa, 21 Juni 2016

Pengelolaan Proyek Sistem Informasi (Analisis Penulisan Ilmiah)

ANALISIS APLIKASI AUGMENTED REALITY WISATA JEPANG BERBASIS ANDROID

Anggota Kelompok :
  1. Muhamad Bayhaqi                    (14112777)
  2. Nurul Fitri                                  (15112535)
  3. Raysa Aprilia                             (16112034)
  4. Tania Arum Sari                        (17112287)


BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
            Saat ini perkembangan teknologi informasi semakin berkembang pesat. Salah satunya perkembangan software yang membuat software development terus bermunculan dengan program aplikasi yang dihasilkan. Hal ini membuat para software development berlomba-lomba menghasilkan program aplikasi yang berkualitas dan mudah digunakan bagi user (user friendly). Banyak program aplikasi yang ditawarkan dengan tujuan sebagai hiburan, edukasi, pemberi informasi, dll.
            Kebutuhan akan program aplikasi yang berkualitas menuntut software development/vendor menguji program aplikasi yang dihasilkan. Program aplikasi  harus melalui tahapan analisis kekurangan dan kelebihan. Bila di dalam analisis program aplikasi terdapat kekurangan, seperti terjadi failures atau bugs ketika digunakan user, tentu ini yang harus diperbaiki. Dengan perbaikan dari kekurangan program aplikasi user akan nyaman menggunakan aplikasi tanpa adanya kesalahan yang ditimbulkan.
            Oleh karena itu, penulis akan menganalisis kekurangan dan kelebihan dari aplikasi Augmented Reality Wisata Jepang Berbasis Android, sehingga dengan analisis ini dapat memperbaiki kekurangan yang ditemukan.

1.2       Batasan Masalah
                Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan, adapun batasan masalah   dalam penulisan ini yaitu menganilisis kekurangan dan kelebihan dari aplikasi Augmented Reality Wisata Jepang Berbasis Android dan mendesign perbaikan terhadap kekurangan aplikasi yang ditemukan.

1.3       Tujuan
              Tujuan dari penulisan ini adalah untuk menganalisis kekurangan dan kelebihan dari aplikasi Augmented Reality Wisata Jepang Berbasis Android dan untuk mendesign perbaikan terhadap kekurangan dari aplikasi. Dengan harapan aplikasi ini nantinya dapat menjadi referensi tujuan wisata yang lebih baik dan menarik untuk berlibur ke Jepang.

BAB II
PEMBAHASAN

2.1  Struktur Navigasi Aplikasi

Gambar 1. Struktur Navigasi

2.2  Testing Aplikasi pada Perangkat Android
Pada pengujian aplikasi, dilakukan  pengujian pada tiga buah device yang berbeda, berikut hasil pengujiannya:


Tabel 1. Tabel Pengujian Aplikasi pada Smartphone

Pada tabel tersebut terlihat bahwa pengujian pada ASUS Zenfone 2 ZE550ML objek 3D lebih cepat muncul dibandingkan pengujian pada Smartfren Andromax V. Hal itu terjadi karena perbedaan kualitas kamera dari kedua smartphone tersebut mempengaruhi pendektesian marker dalam menampilkan objek 3D.

2.3  Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi

a.      Kelebihan :
·         Memberikan informasi bagi wisatawan yg akan berkunjung ke Jepang
·         Sebagai media edukasi perkenalan wisata yg ada di jepang
·         Navigasinya mudah bagi user

b.      Kekurangan :
·         Aplikasi harus diunduh dengan marker yang sesuai agar objek 3D dapat muncul
·         Isi dari tampilan “tentang” belum menjelaskan tutorial penggunaan aplikasi
·         Target spot munculkan objek belum konsisten
·         Icon wisata yang ditampilkan kurang
·         Informasi untuk tiap wisata kurang lengkap
·         Pada beberapa smartphone aplikasi agak lambat
·         Pembacaan pada marker agak lambat

2.4  Pengembangan Rancangan Tampilan
            Perancangan tampilan Aplikasi Augmented Realitywisata Jepang ini terdiri dari perancangan halaman tampilan, perancangan tampilan infoJepang, wisata dan tentang.

1.      Rancangan Tampilan Splash Screen (Intro)
            Rancangan tampilan splash screen adalah rancangan tampilan halaman pertama saat aplikasi dijalankan.
Gambar 2. Rancangan tampilan Splash Screen

2.      Rancangan Tampilan Halaman Utama
            Halaman utama merupakan tampilan awal untuk memilih aplikasi. Lalu akan muncul menu utama yang terdiri dari Jepang, Wisata, Tentang dan Keluar. Menu Jepang menjelaskan secara singkat mengenai Negara Jepang, menu Wisata terdiri dari menu nama provinsi tempat wisata, menu Tentang menjelaskan cara penggunaan dari aplikasi, sedangkan menu Keluar untuk keluar dari aplikasi. Gambar rancangan Halaman Utama seperti gambar dibawah ini :
Gambar 3. Rancangan Tampilan Halaman Utama

3.      Rancangan Tampilan Jepang
            Jika pengguna memilih menu “Jepang” maka akan menampilkan informasi sedikit mengenai negara Jepang.
Gambar 4. Rancangan Tampilan Jepang


4.      Rancangan Tampilan Wisata
Tampilan wisata ini berisi menu nama provinsi wisata dan Button Back to Menu Button, yang jika ditekan maka akan kembali ke halaman utama.
Gambar 5. Rancangan Tampilan Wisata

5.      Rancangan Tampilan Objek
            Tampilan objek ini berisi tentang tampilan objek 3D Augmented Reality, button lanjut dan sebelum, button info dan butto menu utama. Jika menekan button info akan munjul keterangan nama provinsi, kota, hotel, restoran, transportasi dan deskripsi singkat mengenai objek wisata. Terdapat juga petunjuk target objek tempat munculkan objek 3D dan button backsound.
Gambar 6. Rancangan Tampilan Objek

6.      Rancangan Tampilan Tentang
            Apabila pengguna memilih menu “Tentang” maka akan menampilkan sedikit informasi tentang aplikasi ini.
Gambar 7. Rancangan Tampilan Tentang

2.5 Hasil Tampilan pada Aplikasi

Gambar 8. Tampilan Halaman Utama

 Jika klik button Jepang maka akan langsung menuju scene tampilan Jepang seperti berikut :

Gambar 9. Tampilan Jepang

Untuk masuk ke tampilan Augmented Reality, masuk ke tampilan wisata, setelah itu pilih tempat wisata

Gambar 10. Tampilan Wisata

Tampilan scene objek yang dipilih akan seperti ini :

Gambar 11. Tamplan Objek

 Untuk melihat info tentang tempat wisata, klik pada button info

Gambar 12. Tampilan Objek

 Untuk masuk ke tampilan tentang, klik button tentang yang ada pada scene Menu Utama.

Gambar 13. Tampilan Tentang


BAB III
PENUTUP

3.1       Kesimpulan
        Berdasarkan pada pembahasan pada bab sebelumnya, maka dapat disimpulkan bahwa pada aplikasi Augmented Reality wisata Jepang ini masih terdapat banyak kekurangan yang perlu diperbaiki. Untuk menutupi kekurangan tersebut, penulis melakukan analisis pengembangan pada perancangan tampilan aplikasi Augmented Reality wisata Jepang. Analisis pengembangan rancangan aplikasi ini dapat memberikan kemudahan untuk melakukan pengembangan kedepannya agar aplikasi wisata Augmented Reality Jepang ini semakin memberikan kemudahan serta fitur kepada pengguna yang lebih baik dari sebelumnya.
          Program aplikasi ini diharapkan dapat menjadi media informasi referensi liburan yang menarik, karena disajikan secara kreatif dan unik, sehingga pengguna tertarik untuk mengunjungi tempat wisata tersebut. Pengguna hanya perlu mengunduh program aplikasi lalu menjalankannya dengan mengarahkan kamera smartphone ke marker. Dengan menggunakan kamera yang memiliki resolusi tinggi marker pun akan cepat terbaca dan cepat dalam memunculkan

3.2       Saran
        Analisis kekurangan dan kelebihan aplikasi aplikasi Augmented Reality wisata Jepang ini masih sangat sedikit, penulis menyarankan untuk lebih diteliti kembali apa saja kelebihan dan kekurangan yang ada pada apliaksi ini sehingga dalam pengembangannya programmer dapat mengetahui apasaja yang perlu diperbaiki dalam aplikasi ini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar