Untuk
menjawab berbagai tantangan dan persoalan dalam kehidupan lahirilah berbagai
cabang ilmu pengetahuan. Berdasarkan sumber filsafat yang dianggap sebagai ibu
dari ilmu pengetahuan dapat dikelompokan menjadi tiga:
- Natural Sciences (Ilmu – Ilmu
Alamiah), meliputi : fisika, kimia, astronomi, biologi dan lain – lain.
- Social Sciences (Ilmu- Ilmu Sosial),
Terdiri dari : Sosiologi, Ekonomi, Politik Antropologi, Sejarah,
Psikologi, Geigrafi dan lain – lain.
- Humanities (Ilmu – Ilmu
Budaya), meliputi : Bahasa, Agama, Kesustraan, Kesenian dan lain – lain.
Mengikuti
pembagian ilmu pengetahuan seperti tersebut di atas, maka Ilmu Sosial Dasar dan
Ilmu Budaya Dasar adalah satuan pengetahuan yang dikembangkan sebagai usaha
pendidikan.
Ilmu Sosial
Dasar (ISD)
ISD adalah
pengetahuan yg menelaah masalah2 sosial, khususnya masalah2 yg diwujudkan oleh
masyarakat Indonesia, dengan menggunakan Teori2 (fakta, konsep, teori) yg
berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu2 sosial
(seperti Geografi Sosial, Sosiologi, Antropologi Sosial, Ilmu Politik, Ekonomi,
Psikologi Sosial dan Sejarah) MK.
ISD
merupakan suatu usaha yang dapat diharapkan memberikan pengetahuan umum dan
pengetahuan dasar tentang konsep2 yg dikembangkan untuk melengkapi gejala2
sosial agar daya tanggap (tanggap nilai), persepsi dan penalaran mahasiswa
dalam menghadapi lingkungan sosial dapat ditingkatkan , sehingga kepekaan
mahasiswa pada lingkungan sosialnya menjadi lebih besar.
Ilmu
Pengetahuan Sosial (IPS)
Istilah yang
digunakan untuk menggambarkan penelitian dengan cakupan yang luas dalam
berbagai lapangan meliputi perilaku dan interaksi manusia di masa kini dan masa
lalu. IPS tidak memusatkan diri pada satu topik secara mendalam melainkan
memberikan tinjauan yang luas terhadap masyarakat.
B. Tujuan
ISD dan IPS
Sebagai
salah satu Mata kuliah Dasar Umum, Ilmu Sosial Dasar mempunyai tujuan pembinaan
siswa agar:
- Memahami dan menyadari adanya
kenyataan – kenyataan sosial dan masalah – masalah sosial yang ada di
masyarakat.
- Peka terhadap masalah – masalah
sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha – usaha menanggulanginya.
- Menyadari bahwa setiap masalah
sosial yang timbul dalam masyakat selalu bersifat kompleks dan hanya dapat
mendekatinya, mempelajarinya, secara kritis – interdisipliner.
- Memahami jalan pikiran para
ahli dari bidang ilmu pengetahuan lain dan dapat berkomunikasi dengan
mereka dalam rangka penanggulangan masalah sosial yang timbul dalam
masyarakat.
C. Tiga
Kelompok Ilmu Pengetahuan:
Berdasarkan
sumber filsafat yang dianggap sebagai ibu dari ilmu pengetahuan dapat
dikelompokan menjadi tiga:
- Ilmu-ilmu Alamiah ( natural
scince ) :
Ilmu-ilmu alamiah bertujuan mengetahui keteraturan-keteraturan yang
terdapat dalam alam semesta. Untuk mengkaji hal ini digunakan metode
ilmiah. Caranya ialah dengan menentukan hokum yang berlaku mengenai
keteraturan-keteraturan itu, lalu dibuat analisis untuk menentukan suatu
kualitas. Hasil analisis ini kemudian digeneralisasikan. Atas dasar ini
lalu dibuat prediksi. Hasil penelitian 100 5 benar dan 100 5 salah.
Meliputi : fisika, kimia, astronomi, biologi dan lain – lain.
- Ilmu-ilmu sosial ( social
scince ) :
ilmu-ilmu sosial bertujuan untuk mengkaji keteraturan-keteraturan yang
terdapat dalam hubungan antara manusia. Untuk mengkaji hal ini digunakan
metode ilmiah sebagai pinjaman dari ilmu-ilmu alamiah. Tapi hasil
penelitiannya tidak 100 5 benar, hanya mendekati kebenaran. Sebabnya ialah
keteraturan dalam hubungan antara manusia initidak dapat berubah dari saat
ke saat. Terdiri dari : Sosiologi, Ekonomi, Politik, Antropologi, Sejarah,
Psikologi, Geografi, dll.
- Pengetahuan budaya ( the
humanities ) :
bertujuan untuk memahami dan mencari arti kenyataan-kenyataan yang
bersifat manusiawi. Untuk mengkaji hal ini digunakan metode pengungkapan
peristiwa-peristiwa dan kenyataan-kenyataan yang bersifat unik, kemudian
diberi arti. Meliputi : Bahasa, Agama, Kesustraan, Kesenian dan lain –
lain.
D. Persamaan
dan Perbedaan antara ISD dan IPS
- Persamaan ISD dan IPS
- Kedua-duanya merupakan bahan
studi untuk kepentingan program studi pendidikan / pengajaran.
- keduanya disiplin ilmu yang
berdiri sendiri.
- keduanya mempunyai Materi yang
terdiri dari kenyataan sosial dan masalah sosial.
Perbedaan antara ISD dan IPS
- Ilmu Sosial Dasar diberikan di
perguruan tinggi, sedangkan Ilmu Pengetahuan Sosial diberikan di sekolah
dasar dan sekolah lanjutan.
- Ilmu Sosial Dasar merupakan
satu mata kuliah tunggal, sedang Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan
kelompok dari sejumlah mata pelajaran (untuk sekolah lanjutan).
- Ilmu Sosial Dasar diarahkan
kepada pembentukan sikap dan kepribadian, sedang Ilmu Pengatuhuan Sosial
diarahkan kepada pembentukan pengetahuan dan ketrampilan intelektual.
E. Ruang
Lingkup ISD
Materi Ilmu
Sosial Dasar terdiri atas masalah – masalah Sosial. Untuk dapat menealaah
maslah – masalah sosial, hendaknya terlebih dahulu kita dapat mengindentifikasi
kenyataan – kenyataan sosial dan memahi sejumlah konsep sosial tertentu.
Sehingga dengan demikian bahan pelajaran Ilmu Sosial Dasar dapat dibedakan atas
tiga golongan :
- Kenyataan – kenyataan sosial
yang ada dalam masyarakat yang secara bersama – sama merupakan masalah
sosial tertentu.
- Konsep sosial atau
pengertian-pengertian tentang kenyataan – kenyataan sosial dibatasi pada
konsep dasar (elementer) yang sangat diperlukan untuk mempelajari masalah
– masalah sosial yang dibahas dalam Ilmu Pengetahuan Sosial.
- Masalah sosial yang timbul
dalam masyarakat, biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan – kenyataan
sosial yang antara satu dengan yang lainnya saling berkaitan.
Konsorsium
Antar Bidang Telah Ditetapkan Bahwa Perkuliahan ISD Terdiri Dari Delapan Pokok
Bahasan :
- Berbagai masalah kependudukan
dalam perkembangan masyarakat dan kebudayaan.
- Masalah individu, keluarga dan
masyarakat.
- Masalah pemuda dan sosialisasi.
- Masalah hubungan antara warga
negara dan negara.
- Masalah pelapisan sosial dan
kesamaan derajat.
- Masalah masyarakat perkotaan
dan pedesaan.
- Masalah pertentangan sosial dan
integrasi.
- Pemanfaatan iptek bagi
kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat.
Untuk
membantu memahami tehadap masalah – masalah tersebut di atas maka dalam buku
ini dihimpun kumpulan karangan yang disusun dan berkaitan dengan masing –
masing pokok bahasa yang telah ditentukan.
SUMBER:
http://ykaditya.blogspot.com/2010/02/pengertian-tujuan-isd-dan-ips.html
http://shintasumabrata.blogspot.com/2011/02/tugas-ilmu-budaya-dasar.html
http://siskaapurnama.blogspot.com/2011/02/ilmu-sosial-dasar-isd.html
http://elnow.wordpress.com/2011/02/18/tugas-ilmu-budaya-dasar-pengertian-tujuan-isd-dan-ips/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar